Cara Cek Kampas Kopling Mobil Avanza yang Mudah dan Tepat.

Bang Montir

Cara Cek Kampas Kopling Mobil Avanza yang Mudah dan Tepat

Memahami Fungsi Kampas Kopling:

Sebelum melakukan pengecekan kampas kopling mobil Avanza, penting bagi kita untuk memahami fungsi dari kampas kopling itu sendiri. Kampas kopling atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai clutch plate adalah salah satu komponen penting pada mobil transmisi manual. Fungsinya adalah untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dengan transmisi, sehingga mobil dapat berjalan atau berhenti. Dengan kata lain, kampas kopling ini bekerja sebagai alat pemindah daya dari mesin mobil ke roda, sehingga mobil bisa bergerak.

Cara Mengetahui Kampas Kopling Mobil Avanza yang Mulai Aus:

Setelah memahami fungsi dari kampas kopling, kita dapat mengetahui tanda-tanda apabila kampas kopling mobil Avanza mulai aus dan butuh penggantian. Berikut adalah beberapa tanda-tanda tersebut:

  • Saat menginjak pedal kopling, pedal terasa berat, susah diinjak, atau tidak kembali ke posisi semula setelah diinjak.
  • Saat menginjak pedal kopling dalam posisi gigi, mobil sulit untuk bergerak atau mobil melompat-lompat.
  • Suara berdecit atau berderit ketika mesin dihidupkan atau saat mobil bergerak.
  • Kampas kopling yang aus dapat membuat effisiensi bahan bakar menjadi semakin rendah dan dapat membuat mesin sangat cepat panas.

Cara Pengecekan Kampas Kopling Mobil Avanza:

Berikut cara melakukan pengecekan kampas kopling mobil Avanza yang mudah dan tepat:

  • Caranya adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang datar dan aman, kemudian hidupkan mesin mobil dan pastikan dalam posisi netral.
  • Kemudian tekan pedal kopling dengan kuat, tahan, dan perlahan-lahan. Lalu, lepaskan pedal secara perlahan-lahan dan perhatikan perubahan suara mesin atau suara kampas kopling.
  • Ulangi langkah kedua sebanyak tiga kali.
  • Bila suara berubah atau ada suara mencurigakan seperti berdecit, maka kampas kopling perlu diganti segera.
  • Jangan lupa untuk mengganti kampas kopling mobil Avanza secara berkala untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada mesin mobil.
  • Pilihlah kampas kopling yang berkualitas dan sesuai dengan merek dan model mobil Avanza agar performa mobil tetap prima.
BACA JUGA:   Bengkel Mitsubishi Radin Inten: Menyediakan Layanan Perawatan Mobil Terbaik

Kesimpulan

Itulah tadi cara cek kampas kopling mobil Avanza yang mudah dan tepat. Pengecekan rutin pada kampas kopling sangat penting untuk menjaga performa dan kenyamanan berkendara mobil. Apabila ada tanda-tanda aus pada kampas kopling, segera lakukan penggantian agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada mesin mobil. Gunakanlah kampas kopling yang berkualitas agar mobil tetap prima dan performa mesin mobil tetap terjaga.

Also Read

Bagikan:

Tags