Cara Belajar Mobil Kopling di Tanjakan

Bang Montir

Jika Anda baru belajar mengemudi mobil manual, mungkin sulit bagi Anda untuk mengemudi di jalan tanjakan. Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah cara mengemudi mobil dengan kopling di tanjakan. Bagaimana Anda melakukannya tanpa sepeda motor? Berikut ini adalah beberapa tips untuk belajar mengemudi mobil manual di tanjakan.

Mengenali Tanjakan yang Akan Dilewati

Sebelum mulai mencoba mengemudi di tanjakan, pastikan Anda sudah mengenali seberapa curam dan panjang tanjakan yang akan dilewati. Jumlah gigi kecepatan yang dibutuhkan akan berbeda-beda tergantung pada kemiringan tanjakan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih gear yang tepat.

Memulai Mengemudi di Tanjakan

Langkah pertama dalam mengemudi di tanjakan adalah menghentikan mobil di tempat yang rata. Setelah itu, tekan pedal kopling sepenuhnya dan pindah gigi ke posisi satu. Setelah itu, tekan pedal rem dan kembali tekan pedal kopling sepenuhnya.

Melaju dengan Kekuatan Penuh

Setelah gigi satu dipilih dan pedal kopling ditekan sampai ke dasar, mulailah menginjak pedal gas dengan lembut dan perlahan-lahan. Jika mobil bergeser mundur, tekan pedal kopling lagi untuk menghentikan mobil, kemudian ulangi langkah-langkah sebelumnya. Jika tidak, pastikan mobil tetap diam di tempat dengan cepat mengejar kecepatan untuk menghindari mobil bergerak mundur.

Pindah Gigi

Ketika mobil mulai bergerak ke atas tanjakan, perlahan-lahan lepaskan pedal kopling sampai sepeda motor mulai bekerja dan mobil mulai bergerak. Pindah gigi sedikit demi sedikit, hingga mencapai gigi keempat atau gigi kelima tergantung pada kecepatan dan miringan tanjakan. Namun perlu diingat, jangan pernah menginjak pedal gas terlalu dalam ketika sudah sampai di gigi yang diinginkan.

BACA JUGA:   Cara Setel Kopling Mobil Grand Livina

Turunkan Gigi pada Turunan

Mengemudi mobil bukan hanya soal naik tanjakan, turunan juga sama pentingnya. Saat turun tanjakan, tekan pedal kopling dan pindah gigi ke gigi rendah untuk membantu menghentikan mobil saat turunan. Pastikan agar kecepatan mobil terkendali agar Anda dapat mengendalikannya dengan mudah.

Kesimpulan

Mengemudi di tanjakan tidak perlu menjadi hal yang menakutkan bagi pengemudi mobil manual. Seiring berjalannya waktu dan pengalaman, mengemudi di tanjakan akan menjadi lebih mudah. Intinya adalah memahami cara menggunakan kopling, pedal rem, dan pedal gas secara tepat. Jangan ragu untuk melakukan praktek berkali-kali dengan tanjakan yang berbeda-beda dan mengalami ketika mobil mundur sehingga Anda dapat belajar dan terbiasa mengemudi di tanjakan.

Headline

"Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual dengan Kopling di Tanjakan"

Also Read

Bagikan: