API SL vs SN: Apa Bedanya?

Bang Montir

Sebagai seorang yang cukup mahir dalam dunia otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah API SL dan SN. Kedua istilah tersebut merujuk pada kategori minyak mesin yang diproduksi oleh American Petroleum Institute (API).

API SL adalah spesifikasi minyak mesin yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 dan menjadi standar tertinggi pada masanya. Sedangkan API SN adalah yang paling baru alias versi terbaru.

Lantas, apa saja perbedaan antara API SL dan SN? Apa yang harus diperhatikan dalam memilih antara keduanya? Berikut ulasannya.

Apa Sih Yang Dimaksud API SL dan SN?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, API SL dan SN adalah istilah untuk kategori minyak mesin. Minyak mesin tersebut harus memenuhi standar tertentu yang ditetapkan oleh American Petroleum Institute atau API. Ada beberapa kategori minyak mesin lain selain API SL dan SN, seperti API SJ, SM, dan SN Plus.

Apa Perbedaan Standar API SL dan SN?

Perbedaan utama antara API SL dan SN terletak pada kualitasnya. API SN adalah versi terbaru setelah SL, jadi tentunya standard yang ditetapkan lebih tinggi. Minyak mesin dengan standar SN jauh lebih baik daripada yang berstandar SL dalam segala hal, seperti perlindungan mesin, desain modern, dan efisiensi bahan bakar.

API SL, di sisi lain, meskipun sudah usang, masih memenuhi standar untuk kendaraan lama dan klasik. Namun, sebagai pengguna kendaraan yang lebih modern, disarankan untuk memilih minyak mesin dengan standar SN.

BACA JUGA:   Mengulas Daihatsu Charade Kelasnya, 90-an yang Berkelas

Bagaimana Menentukan Standar Minyak Mesin yang Tepat Untuk Kendaraan Saya?

Standar minyak mesin yang tepat untuk kendaraan Anda sebaiknya dicari pada buku manual atau pada website produsen kendaraan Anda. Pergunakan hanya minyak mesin yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan dan standar yang dicantumkan oleh API. Pergunakanlah minyak mesin yang sesuai dengan standar terbaru yang diberikan API, yang saat ini adalah SN.

Kesimpulan

API SL dan SN adalah kategori minyak mesin yang ditetapkan oleh American Petroleum Institute. Perbedaan utama antara kategori tersebut terletak pada standar yang ditetapkan. API SN memiliki standar yang lebih tinggi dibandingkan SL. Namun, disarankan untuk mengikuti rekomendasi produsen dan standar API yang tercantum pada buku manual kendaraan Anda. Pastikan minyak mesin yang dipilih memenuhi standar terbaru API, yaitu SN.

Jangan lupa, memilih minyak mesin yang tepat untuk kendaraan adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mesin dan membuat kendaraan Anda berjalan dengan baik.

Also Read

Bagikan: