Harga Ganti Kampas Kopling Mobil Ertiga

Bang Montir

Jika Anda sedang mengalami masalah dengan kampas kopling mobil Ertiga, pasti ada pertanyaan yang muncul dalam benak Anda, yaitu berapa harga ganti kampas kopling mobil Ertiga. Kampas kopling merupakan salah satu bagian penting dari mobil Anda, karena tanpa kampas kopling, Anda tidak bisa mengganti gigi dari persneling mobil. Karenanya, menjaga kampas kopling dalam kondisi yang baik sangat penting.

Apa itu Kampas Kopling?

Sebelum membahas harga ganti kampas kopling mobil Ertiga, mari kita ketahui dulu apa itu kampas kopling. Kampas kopling merupakan alat mekanis yang terbuat dari bahan friksi yang berfungsi untuk menyambungkan atau memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi, serta dapat digunakan untuk mengubah kecepatan roda mobil.

Kampas kopling terletak pada sistem transmisi di mana putaran mesin diubah menjadi gerakan pada roda, yang disebut transmisi roda gigi. Kampas kopling memiliki peranan penting dalam mengontrol kecepatan mobil.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kampas Kopling Mobil Ertiga?

Kampas kopling merupakan salah satu bagian pada mobil yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Umumnya, masa pakai kampas kopling mobil Ertiga berkisar antara 50.000 hingga 70.000 km atau sekitar 3 tahun setelah pembelian mobil.

Namun, jika kondisi jalan yang dilalui sering macet, putaran mesin yang tinggi, atau kebiasaan menginjak pedal kopling terus menerus tanpa perlu, maka masa pakai kampas kopling bisa lebih pendek.

Jika mobil Ertiga Anda sudah menunjukkan gejala kerusakan kampas kopling, seperti getaran atau suara berdecit ketika menekan pedal kopling, sulit mengubah gigi, atau mesin tersendat saat memulai perjalanan, maka sudah waktunya untuk mengganti kampas kopling.

BACA JUGA:   Komponen Kopling Manual pada Mobil: Menjelajahi Sistem Kopling

Harga Ganti Kampas Kopling Mobil Ertiga

Harga ganti kampas kopling mobil Ertiga bervariasi tergantung pada tempat servis dan merek kampas yang dipilih. Namun, secara umum, harga ganti kampas kopling mobil Ertiga berkisar antara Rp 1,5 – 3 juta, tergantung pada tipe kendaraan serta merek kampas kopling yang digunakan.

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat saat memilih tempat servis. Pastikan tempat servis memiliki teknisi yang berpengalaman dan terpercaya dalam mengganti kampas kopling mobil Ertiga. Selain itu, pastikan juga kampas kopling yang digunakan berkualitas dan memiliki garansi.

Kesimpulan

Kampas kopling pada mobil Ertiga merupakan bagian yang penting untuk mengontrol kecepatan mobil. Hal ini membuat menjaga kampas kopling dalam kondisi yang baik menjadi sangat penting. Jangan biarkan gejala kerusakan kampas kopling menjadi semakin parah, karena bisa berdampak pada kinerja mobil Anda. Harga ganti kampas kopling mobil Ertiga bervariasi tergantung pada merek yang digunakan, namun pastikan tempat servis yang dipilih memiliki teknisi yang berpengalaman dan terpercaya.

Also Read

Bagikan: