Rangkaian Kopling Mobil Kijang: Semua yang Harus Anda Ketahui

Bang Montir

Jika Anda seorang pengemudi mobil maka pastinya sudah familiar dengan istilah kopling. Kopling adalah komponen yang sangat penting pada mobil karena berfungsi untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda melalui roda gigi dengan menggunakan sistem manual.

Di dalam mobil Toyota Kijang, sistem kopling ini dilengkapi dengan rangkaian kopling atau lebih dikenal dengan clutch kit. Rangkaian kopling mobil Kijang terdiri dari beberapa komponen seperti piringan kopling, pressure plate, bearing, dan lain-lain.

Piringan Kopling

Piringan kopling merupakan komponen utama pada rangkaian kopling mobil Kijang. Piringan ini terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat sehingga bisa menahan tekanan yang dihasilkan oleh mesin. Fungsinya adalah untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi dan roda gigi.

Piringan kopling juga terdiri dari beberapa bagian yaitu disc plate yang berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi, tambahan bantalan yang membantu agar dish plate berputar secara halus, dan ricin untuk mempertahankan tekanan pada plat piringan agar tetap pada posisinya.

Pressure Plate

Pressure plate adalah gambaran dari rangkaian kopling bila berada dalam keadaan tertekan. Fungsinya adalah untuk menekan piringan kopling agar bisa terhubung dengan baik. Komponen ini juga terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang mampu menahan tekanan tinggi selama pemakaian.

Bearing

Bearing, juga disebut as kopling hidrolis, memiliki fungsi agar kopling bergerak lebih halus. Bearing ini juga bisa membantu pada saat kopling ditekan. Pada mobil Toyota Kijang, bearing digunakan pada kopling yang mengadopsi sistem hidrolis untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda.

Fluida Hidrolis

Sistem hidrolis pada mobil Kijang sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas pada saat menekan pedal kopling. Fluida hidrolis ini juga berperan dalam menjaga kesehatan rangkaian kopling mobil Kijang dengan mempertahankan suhu yang mendinginkan dan juga mencegah kenaikan tekanan debu.

BACA JUGA:   Rumah Kampas Kopling Mobil: Hal-hal yang Perlu Diketahui

Kesimpulan

Dalam mobil Toyota Kijang, rangkaian kopling merupakan komponen yang sangat vital dan harus dijaga dengan baik agar mobil tetap berjalan dengan baik. Komponen-komponen seperti piringan kopling, pressure plate, bearing, dan fluida hidrolis semuanya saling berkaitan sehingga perawatan yang baik dan penggantian harus dilakukan secara simultan.

Untuk itu, pastikan untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk memeriksa dan merawat rangkaian kopling mobil Kijang Anda agar selalu berjalan dengan baik dan aman.

Also Read

Bagikan: