Mengenal Penyebab Utama Kopling Selip dan Cara Mengatasinya

Bang Montir

Mengenal Penyebab Utama Kopling Selip dan Cara Mengatasinya
Mengenal Penyebab Utama Kopling Selip dan Cara Mengatasinya

Apa saja yang menyebabkan kopling selip?

Pegas Kopling yang Melemah
Salah satu penyebab kopling mobil mengalami selip adalah karena kondisi pegas kopling yang melemah. Pegas kopling adalah sebuah baut yang memiliki tekanan tinggi yang digunakan untuk menggerakkan kopling. Jika pegas kopling melemah, maka tekanan pada kopling akan berkurang dan akan menyebabkan kopling menjadi selip.

Untuk mengetahui apakah pegas kopling melemah atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara melepas pegangan kopling, lalu menggerakkannya ke samping. Jika pegas bergerak dengan mudah, berarti pegas kopling melemah.

Adanya Oli pada Kopling
Kondisi oli yang berlebihan pada kopling juga dapat menyebabkan kopling menjadi selip. Hal ini terjadi karena oli dapat mengurangi efektifitas pegas kopling. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa tidak ada oli yang terkena pada pegas kopling untuk mencegah kopling menjadi selip.

Pressure Plate yang Usang
Pressure plate adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengontrol tekanan pada kopling. Jika pressure plate usang, maka tekanan pada kopling akan menurun dan menyebabkan kopling menjadi selip.

Untuk mengetahui apakah pressure plate masih baik atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara melepas pegangan kopling, lalu melihat kondisi pressure plate. Jika terdapat karat atau ada perubahan warna pada pressure plate, berarti pressure plate usang dan harus diganti.

Kampas Kopling yang Aus
Kampas kopling adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan pada kopling. Jika kampas kopling aus, maka tekanan pada kopling akan menurun dan akan menyebabkan kopling menjadi selip.

BACA JUGA:   Cara Menyetel Kopling Mobil Terios

Untuk mengetahui apakah kampas kopling masih baik atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara melepas pegangan kopling, lalu melihat kondisi kampas kopling. Jika terdapat karat atau ada perubahan warna pada kampas kopling, berarti kampas kopling aus dan harus diganti.

Cakram Kopling Rusak
Cakram kopling adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menarik tuas kopling. Jika cakram kopling rusak, maka tuas kopling akan sulit ditarik dan akan menyebabkan kopling menjadi selip.

Untuk mengetahui apakah cakram kopling masih baik atau tidak, Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara melepas pegangan kopling, lalu melihat kondisi cakram kopling. Jika terdapat karat atau ada perubahan warna pada cakram kopling, berarti cakram kopling rusak dan harus diganti.

Penangan Kopling yang Selip

Setelah mengetahui penyebab kopling menjadi selip, sekarang saatnya untuk mengambil tindakan untuk menangani masalah tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani kopling yang selip.

1. Ganti Pegas Kopling

Jika Anda telah mengetahui bahwa pegas kopling yang melemah menjadi penyebab kopling selip, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengganti pegas kopling tersebut. Cara mengganti pegas kopling adalah dengan cara melepas pegangan kopling, lalu memasang pegas baru.

2. Bersihkan Oli pada Kopling

Jika Anda telah mengetahui bahwa adanya oli yang berlebihan pada kopling menjadi penyebab kopling selip, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan oli pada kopling. Cara membersihkan oli pada kopling adalah dengan cara menggunakan kain lap untuk menghapus oli yang berlebihan.

3. Ganti Pressure Plate

Jika Anda telah mengetahui bahwa pressure plate yang usang menjadi penyebab kopling selip, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti pressure plate tersebut. Cara mengganti pressure plate adalah dengan cara melepas pegangan kopling, lalu memasang pressure plate baru.

BACA JUGA:   Kampas Kopling Mobil Matic: Memilih yang Tepat

4. Ganti Kampas Kopling

Jika Anda telah mengetahui bahwa kampas kopling yang aus menjadi penyebab kopling selip, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti kampas kopling tersebut. Cara mengganti kampas kopling adalah dengan cara melepas pegangan kopling, lalu memasang kampas kopling baru.

5. Ganti Cakram Kopling

Jika Anda telah mengetahui bahwa cakram kopling yang rusak menjadi penyebab kopling selip, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti cakram kopling tersebut. Cara mengganti cakram kopling adalah dengan cara melepas pegangan kopling, lalu memasang cakram kopling baru.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa penyebab kopling menjadi selip, yaitu pegas kopling yang melemah, adanya oli pada kopling, pressure plate yang usang, kampas kopling yang aus, dan cakram kopling yang rusak. Untuk menangani masalah tersebut, Anda dapat melakukan beberapa langkah, seperti mengganti pegas kopling, membersihkan oli pada kopling, mengganti pressure plate, mengganti kampas kopling, dan mengganti cakram kopling.

Also Read

Bagikan:

Tags