Cara Kerja Exhaust Brake Pada Mobil

Bang Montir

Exhaust brake merupakan salah satu sistem pengereman yang terdapat pada mobil. Sistem pengereman ini berfungsi untuk membantu mengurangi kecepatan mobil dengan memanfaatkan tekanan pada gas buang mesin mobil. Dengan menggunakan exhaust brake, mobil dapat menurunkan kecepatan lebih cepat dan lebih aman ketika mengemudi di jalur menurun atau ketika mengangkut beban yang berat.

Apa Itu Exhaust Brake?

Exhaust brake adalah unit pengereman yang terpasang pada sistem knalpot mobil. Sistem ini berfungsi dengan cara memodifikasi tekanan gas buang pada mesin mobil agar menjadi pengereman tambahan ketika rem pada mobil digunakan. Dengan adanya exhaust brake, pengemudi dapat mengontrol kecepatan mobil tanpa harus tergantung pada rem saja.

Bagaimana Cara Kerja Exhaust Brake?

Exhaust brake bekerja dengan cara menghalangi jalannya gas buang pada mesin mobil. Ketika mobil sedang mengalami penurunan kecepatan, pengemudi dapat mengaktifkan exhaust brake. Setelah aktif, sistem akan mengubah posisi bilah yang terdapat pada knalpot sehingga gas buang mobil terjebak di dalam mesin. Akibatnya, tekanan pada mesin mobil akan meningkat dan menciptakan gaya pengereman pada mobil.

Jika dibandingkan dengan pengereman konvensional, exhaust brake memiliki keunggulan karena tekanan pada sistem rem tidak terlalu besar. Hal ini membuat mobil lebih mudah dikendalikan dan rem lebih awet karena tidak sering digunakan. Selain itu, exhaust brake juga berfungsi mengurangi beban kerja dari rem bawaan dan menghindari risiko overheat pada sistem rem.

Keuntungan Menggunakan Exhaust Brake

Banyak keuntungan yang dapat didapatkan ketika menggunakan exhaust brake pada mobil. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  1. Meningkatkan Keselamatan
BACA JUGA:   Letak Busi Motor Beat Injeksi: Tips dan Trik untuk Perawatan Motor

Exhaust brake membantu pengemudi untuk mengontrol kecepatan mobil dengan lebih aman ketika berada di jalur menurun atau ketika mengangkut beban yang berat. Dalam kondisi tersebut, pengemudi sering kali kesulitan untuk melakukan pengereman karena kecepatan mobil yang terlalu tinggi. Dengan menggunakan exhaust brake, mobil dapat menurunkan kecepatan dengan lebih cepat dan lebih aman.

  1. Mengurangi Risiko Overheat pada Sistem Rem

Aktivitas pengereman yang berlebihan dapat memuat sistem rem menjadi panas dan menyebabkan kerusakan pada sistem tersebut. Dengan menggunakan exhaust brake, pengemudi dapat mengurangi risiko overheat pada sistem rem karena tekanan pada sistem rem tidak terlalu besar.

  1. Memperpanjang Umur Sistem Rem

Exhaust brake dapat membantu memperpanjang umur sistem rem karena penggunaan exhaust brake yang terus-menerus dapat mengurangi beban kerja dari sistem rem bawaan mobil.

  1. Meningkatkan Kinerja Mesin

Exhaust brake dapat meningkatkan kinerja mesin karena dapat membantu mengekang tekanan gas buang pada mesin mobil ketika sedang menuruni jalur menurun atau mengangkut beban yang berat.

Kesimpulan

Exhaust brake adalah sistem pengereman yang terpasang pada knalpot mobil. Sistem ini bekerja dengan cara mengubah tekanan gas buang pada mesin mobil menjadi pengereman tambahan ketika rem pada mobil digunakan. Ada banyak keuntungan yang dapat didapatkan ketika menggunakan exhaust brake pada mobil, di antaranya meningkatkan keselamatan, mengurangi risiko overheat pada sistem rem, memperpanjang umur sistem rem, dan meningkatkan kinerja mesin. Terlebih lagi, penggunaan exhaust brake tidak terlalu sulit dan mudah digunakan oleh pengemudi mana pun.

Also Read

Bagikan: