Tips Agar Kampas Kopling Mobil Awet

Bang Montir

Salah satu komponen penting dalam kendaraan adalah sistem kopling atau cembrukan. Kampas kopling ini sangat penting bagi mobil anda dalam proses pemindahan gigi kecepatan secara manual atau otomatis. Karena pergerakan kopling yang sering dioperasikan, kampas kopling cenderung cepat aus. Untuk itu, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar kampas kopling mobil anda tetap awet dan pendekatan service yang tepat untuk penanganannya. Berikut ini kami berikan tips untuk menjaga kampas kopling mobil agar tetap awet dan terjaga fungsinya.

Berikut Beberapa Tips Untuk Memperpanjang Umur Kampas Kopling

1. Gunakan Kopling dengan Benar

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara menggunakan kopling secara benar. Pastikan saat melakukan perubahan gigi, apakah itu gigi naik atau turun, tekan kopling sampai ke bawah sampai posisi gigi berhasil diganti. Hal ini memungkinkan terjadinya kehalusan gesekan antara kampas kopling dan flywheel, sehingga menghindari adanya ketukan atau gegar yang terjadi sewaktu menshift gigi. Hal ini juga mencegah terjadinya gesekan yang akan cepat mengikis permukaan kampas kopling.

2. Pelajari Kebiasaan Mengemudi

Menjadi pengemudi yang ahli tentu saja butuh pengalaman dan pengetahuan yang memadai dalam cara mengemudi yang baik dan benar. Namun, kebiasaan buruk dalam mengemudi, seperti menginjak-jinjak pedal kopling saat berhenti atau jalan di jalan yang berbatu, dapat mempercepat kerusakan pada kampas kopling. Maka, untuk mempertahankan umur kampas kopling lebih lama, perlu mengembangkan kebiasaan mengemudi yang lebih halus.

BACA JUGA:   Kanvas Kopling Mobil 18: Kunci Penting untuk Kinerja Mesin Mobil Anda

3. Perawatan Secara Berkala

Perawatan kendaraan yang secara rutin adalah pasti langkah yang bijak pada umumnya, begitu pula dengan kampas kopling. Dengan perawatan secara teratur, dapat memperpanjang umur kampas kopling mobil. Periksa keadaan kampas kopling setiap 50,000 KM atau paling tidak satu tahun sekali pada bengkel yang terpercaya. Ketentuan dalam perawatan meliputi:

  • Periksa keadaan kampas kopling
  • Cek juga pundi-pundi rem
  • Ketebalan plat kopling dan adanya baret
  • Sistem pengoperasian kopling

4. Kebiasaan Mengemudi di Wilayah Padat

Jangan sering-sering memakai kopling pada saat kendaraan terjebak di wilayah padat yang memerlukan putar-putar gigi sering di sesi macet. Hal ini akan memberi tekanan yang berat pada kampas kopling. Oleh karena itu, lebih baik gunakan kebiasaan mengemudi pada gigi yang cocok dengan kondisi kendaraan ketika ada ruang kosong yang dibutuhkan.

5. Jangan Gunakan Kopling untuk Rem

Saat mendaki atau melaju di jalan turunan, menginjak pedal kopling menjadi solusi cepat dalam pengendalian kendaraan. Namun, terlalu sering menggunakan kopling untuk mengendalikan kecepatan, dapat merusak kampas kopling dan merusak komponen lainnya pada kendaraan anda.

Kesimpulan

Kampas kopling merupakan bagian penting bagi mobil anda dan menjaga dan merawat kampas kopling dengan benar,kamu dapat memperpanjang umur dari komponen tersebut. Dalam tips agar kampas kopling mobil awet ini, gunakan kopling dengan benar, pelajari kebiasaan mengemudi, perawatan secara berkala, menciptakan kebiasaan mengemudi di wilayah padat, serta jangan gunakan kopling untuk rem. Hal tersebut dapat menjamin agar kampas kopling tetap awet dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Also Read

Bagikan: