CARA MENGGUNAKAN MOBIL MATIC XPANDER

Bang Montir

Jika Anda ingin membeli atau menyewa mobil, saat ini mobil dengan transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan sebutan mobil matic, semakin banyak diminati. Meski begitu, tidak semua orang tahu cara mengemudikan mobil matic dengan benar. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengendarai mobil matic, tentu tahu bagaimana cara mengemudi mobil matic sangat penting. Berikut ini adalah beberapa tips cara mengemudi mobil matic xpander.

Memasukkan Kunci Kontak

Sebelum menghidupkan mesin, posisikan tuas transmisi pada posisi N (Netral atau tidak menempel pada posisi gigi manapun). Kemudian, masukkan kunci kontak pada slot dan nyalakan mobil dengan menekan pedal rem. Saat Anda menginjak pedal rem pada mobil matic xpander, maka mobil akan menyala tanpa harus menekan tombol atau menggerakkan kunci lagi.

Mengemudi Secara Normal

Setelah mesin mobil matic xpander menyala, lepaskan rem. Kemudian tuas transmisi bisa dipindahkan ke posisi D (Drive). Mobil kini siap untuk dikemudikan. Untuk mengemudikan mobil matic xpander secara normal atau dalam kecepatan rendah, cukup tekan pedal gas secara perlahan dan perlahan lepaskan pedal tersebut untuk memperlambat kendaraan. Anda tidak perlu menekan kopling atau menggunakan gigi untuk memperlambat mobil seperti pada mobil manual.

Mengubah Gigi

Saat sudah cukup merasa nyaman mengemudikan mobil matic xpander, Anda bisa mulai mencoba mengubah gigi atau posisi tuas transmisi. Pada mobil matic xpander, pengaturan transmisi masih menempel pada tuas transmisi. Ketika membutuhkan akselerasi yang lebih cepat, ada pilihan Overdrive atau O/D. Pilihah tersebut bisa ditemukan pada tuas transmisi pada posisi 2 atau 3. Jangan lupa kembali ke posisi D setelah selesai menggunakan Overdrive.

BACA JUGA:   Cara Mudah Mengatasi Kopling Mobil yang Lengket dan Susah Lepas

Mengemudi di Tanjakan

Saat ingin mengemudi di jalanan berbukit atau tanjakan, tuas transmisi pada mobil matic xpander bisa dipindahkan ke posisi L (Low) atau 2 (Second). Dalam posisi tersebut, mobil matic xpander akan bekerja lebih keras dan memberikan tenaga ekstra pada mesin untuk mengatasi tanjakan.

Fungsionalitas Rem

Pada mobil matic xpander, pedal rem memiliki peran yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil manual. Biasanya, membebaskan pedal gas secara perlahan juga bisa memberikan efek pengereman pada mobil matic xpander. Selain itu, mobil matic xpander juga dilengkapi dengan sistem Hill Start Assist (HSA) untuk menghindari mobil bergeser pada saat pengemudi melepaskan pedal rem.

Itulah beberapa tips cara mengemudikan mobil matic xpander yang benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda tertarik untuk mengendarai mobil matic xpander. Dengan membaca artikel ini, setidaknya Anda bisa mengenal prinsip-prinsip dasar mengemudi mobil matic dengan benar dan aman.

Kesimpulan

Mengemudi mobil matic xpander memang terkesan mudah dan nyaman, tetapi pengemudi harus tetap berhati-hati saat mengemudikan mobil. Dalam mengemudikan mobil matic, Anda harus tetap konsentrasi dan memahami fitur-fitur yang berbeda dalam mobil tersebut. Hal ini akan membantu Anda menikmati kemampuan mobil secara optimal sekaligus memberikan kenikmatan dalam mengemudikan mobil matic xpander Anda.

Also Read

Bagikan: