Cara Mengemudi Mobil Matic Freed

Bang Montir

Mobil matic merupakan salah satu jenis mobil yang semakin populer di Indonesia karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Salah satu mobil matic yang banyak digunakan adalah Honda Freed. Namun, bagi pemula yang baru belajar mengemudikan mobil matic, mungkin masih ada beberapa tantangan dalam mengemudikannya. Nah, untuk membantu kamu mengemudi mobil matic Honda Freed dengan mudah, simak beberapa tips dan trik berikut ini.

1. Mengenal Tuas Transmisi dan Pedal Gas

Sebelum mengemudikan mobil matic Freed, kamu harus mengenal terlebih dahulu tuas transmisi dan pedal gas. Tuas transmisi mobil matic terletak di tengah-tengah antara kursi kiri dan kanan. Tuas tersebut berfungsi untuk memindahkan gigi (P, R, N, D) sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan pedal gas mobil matic Freed tidak jauh berbeda dengan mobil manual, hanya saja pedal kopling digantikan dengan tuas transmisi.

2. Posisi Kaki pada Pedal Gas dan Rem

Ketika mengemudi mobil matic Freed, pastikan posisi kaki kamu tepat pada pedal gas dan rem. Posisi kaki kanan pada pedal gas, sedangkan posisi kaki kiri pada pedal rem. Perhatikan juga jangan sampai terinjak pedal gas dan rem secara bersamaan karena akan membuat mobil mogok atau tidak mau bergerak.

3. Kendalikan Kekuatan Gas dan Rem dengan Lembut

Saat mengemudikan mobil matic Freed, kamu harus mengendalikan kekuatan gas dan rem dengan lembut. Terlalu banyak menekan pedal gas atau memijak pedal rem secara tiba-tiba dapat membuat mobil bergerak tidak stabil atau bahkan berhenti mendadak. Kendalikan dengan lembut agar mobil tetap stabil saat bergerak.

BACA JUGA:   Harga Tiket Bus Handoyo Malang Tegal

4. Kurangi Kecepatan dengan Menggeser Tuas Transmisi ke N

Untuk melakukan pengereman atau menurunkan kecepatan mobil matic Freed, kamu bisa menggeser tuas transmisi dari posisi D ke posisi N. Hal ini akan membuat mobil tidak bergerak dan membuat kamu bisa mengendalikan mobil dengan mudah. Namun, pastikan kamu tidak menggeser tuas transmisi ke posisi R atau P karena dapat membuat sistem transmisi mobil matic Rusak.

5. Kunci Rem Tangan

Mobil matic Freed dilengkapi dengan kunci rem tangan. Fungsinya untuk membuat mobil tetap diam saat parkir atau berhenti di kemacetan. Pastikan kamu mengaktifkan kunci rem tangan dengan benar agar mobil tidak bergeser atau bergerak saat dalam posisi diam.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik untuk mengemudi mobil matic Freed dengan mudah. Penting untuk kamu mengenal tuas transmisi dan pedal gas, posisi kaki pada pedal gas dan rem, kendalikan kekuatan gas dan rem dengan lembut, kurangi kecepatan dengan menggeser tuas transmisi ke N saat melakukan pengereman atau menurunkan kecepatan, serta mengaktifkan kunci rem tangan saat parkir atau berhenti di kemacetan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa mengemudikan mobil matic Honda Freed dengan baik dan aman.

Also Read

Bagikan: