HONDA SENSING VS SUBARU EYESIGHT: Mana yang Lebih Baik?

Bang Montir

Saat membeli mobil modern, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan salah satu yang semakin penting belakangan ini adalah fitur keselamatan. Ada banyak fitur keselamatan yang dapat kita pilih, termasuk Honda Sensing dan Subaru EyeSight. Namun, mana yang lebih baik?

Honda Sensing: Pengenalan Fitur

Honda Sensing adalah paket fitur keselamatan yang tersedia pada beberapa model Honda. Ini adalah fitur standard pada model-model terbaru seperti Honda Civic dan Honda CR-V. Fitur-fitur dalam Honda Sensing termasuk:

Collision Mitigation Braking System

Sistem Pengereman Pengurangan Benturan (Collision Mitigation Braking System) dapat mendeteksi kendaraan di depan dan memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kemungkinan benturan depan. Jika pengemudi tidak merespons peringatan, sistem dapat menekan rem secara otomatis untuk menghindari benturan.

Lane Departure Warning

Sistem peringatan keluar jalur (Lane Departure Warning) mengingatkan pengendara jika mereka keluar dari jalur tanpa mengaktifkan lampu sein.

Road Departure Mitigation

Fitur pengurangan keluar jalur (Road Departure Mitigation) akan mengurangi risiko keluar jalur dengan mengontrol pembatasan kecepatan atau dengan bergetar pada kemudi.

Lane Keeping Assist System

Sistem Pemeliharaan Jalur (Lane Keeping Assist System) membantu mengemudi di tengah lajur sehingga kendaraan tidak keluar jalur. Jika kendaraan mendekati garis lalu lintas, sistem akan secara otomatis mengarahkan kendaraan kembali ke tengah.

BACA JUGA:   Pajak HRV 2019: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Adaptive Cruise Control

Sistem kontrol kecepatan adaptif (Adaptive Cruise Control) dapat menyesuaikan kecepatan sesuai dengan kendaraan di depannya dan bertindak sebagai kendali jarak aman dengan kendaraan di depan dengan mulus.

Traffic Sign Recognition

Sistem pengenalan tanda lalu lintas (Traffic Sign Recognition) dapat mengenali tanda-tanda lalu lintas dan menampilkan informasi tentang batasan kecepatan dan tanda-tanda lainnya.

Subaru EyeSight: Pengenalan Fitur

Subaru EyeSight adalah paket fitur keselamatan lainnya yang tersedia pada beberapa model Subaru. Fitur-fitur dalam Subaru EyeSight termasuk:

Adaptive Cruise Control

Sama seperti Honda Sensing, Subaru EyeSight juga memiliki sistem Adaptive Cruise Control yang dapat menyesuaikan kecepatan sesuai dengan kendaraan di depan.

Pre-Collision Braking

Fitur pengereman sebelum benturan (Pre-Collision Braking) dapat mendeteksi kendaraan di depan dan memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kemungkinan benturan depan. Jika pengemudi tidak merespons peringatan, sistem dapat menekan rem secara otomatis untuk menghindari benturan.

Lane Departure and Sway Warning

Sistem peringatan keluar jalur dan berayun (Lane Departure and Sway Warning) bisa memberi tahu pengemudi jika mereka keluar jalur.

Lane Keep Assist

Sistem pemeliharaan jalur (Lane Keep Assist) dapat membantu mengarahkan kendaraan kembali ke jalur dengan guidance pada steering wheel.

Pre-Collision Throttle Management

Sistem pengendalian throttle sebelum benturan (Pre-Collision Throttle Management) mencegah mobil berakselerasi secara tidak terkontrol.

Lead Vehicle Start Alert

Fitur pengingat saat kendaraan di depan mulai bergerak saat lampu hijau untuk menghindari kendaraan belakang tertinggal.

Honda Sensing vs Subaru EyeSight: Perbandingan

Honda Sensing dan Subaru EyeSight keduanya menawarkan fitur keselamatan yang bermanfaat, tetapi terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Honda Sensing memiliki fitur pengenalan tanda lalu lintas yang sangat bermanfaat, sedangkan Subaru EyeSight tidak memiliki fitur yang sama. Namun, Subaru EyeSight memiliki fitur Pre-Collision Throttle Management, yang tidak dimiliki oleh Honda Sensing.

BACA JUGA:   Letak Busi Motor Beat Injeksi: Tips dan Trik untuk Perawatan Motor

Kedua sistem memiliki fitur yang serupa, seperti Adaptive Cruise Control dan Collision Mitigation Braking System. Sistem Lane Departure Warning pada Honda Sensing lebih canggih dibandingkan dengan Subaru EyeSight dengan fitur road departure mitigation yang sangat membantu.

Namun, ini semua relatif tergantung pada preferensi Anda. Keduanya menawarkan fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan raya lainnya.

Kesimpulan

Saat membeli mobil baru, fitur keselamatan dapat memainkan peran penting dalam keputusan Anda. Honda Sensing dan Subaru EyeSight keduanya menawarkan fitur keselamatan yang membuat mengemudi menjadi lebih aman. Namun, mereka memiliki perbedaan pada beberapa fitur keselamatan yang ditawarkan. Dalam memilih antara Honda Sensing atau Subaru EyeSight, Anda harus mempertimbangkan fitur-fitur yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan pribadi. Namun, keduanya mampu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Also Read

Bagikan: