Harga, Info, dan Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil Grand Max

Bang Montir

Mobil adalah salah satu barang moda transportasi yang sangat penting di kehidupan kita sehari-hari. Namun, seperti halnya barang yang lain, mobil juga akan mengalami kerusakan setelah pemakaian yang lama. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mobil adalah kampas kopling yang aus. Jika kampas kopling mobil Anda sudah aus, maka Anda perlu segera mengganti kampas kopling tersebut, agar mobil Anda tetap berfungsi dengan baik. Artikel ini akan membahas harga, info, dan cara mengganti kampas kopling mobil Grand Max.

Harga Kampas Kopling Mobil Grand Max

Harga kampas kopling bisa bervariasi tergantung merek dan tipe mobil Anda. Namun, untuk mobil Grand Max, harga kampas kopling biasanya berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Harga tersebut tentunya belum termasuk biaya pemasangan dan bongkar pasang.

Namun, perlu dicatat bahwa harga kampas kopling dapat berbeda-beda tergantung dari toko atau bengkel yang Anda kunjungi. Oleh karena itu, pastikan Anda menanyakan harga kampas kopling terlebih dahulu sebelum membeli, agar Anda tidak terkena biaya yang tidak diperlukan.

Info Tentang Kampas Kopling Mobil Grand Max

Kampas kopling adalah salah satu bagian dalam sistem kopling pada mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dengan transmisi, sehingga roda bisa bergerak. Ketika kampas kopling mobil Anda aus, maka mobil Anda tidak akan bisa bergerak dan harus segera diganti.

Untuk Grand Max, kampas koplingnya terdiri dari tiga bagian, yaitu Disc Clutch, Pressure Plate Clutch, dan Release Bearing. Disc Clutch adalah bagian yang terhubung dengan mesin dan berguna untuk melambatkan putaran mesin. Pressure Plate Clutch adalah bagian yang berguna untuk menekan Disc Clutch sebelum mesin dan transmisi terhubung. Sedangkan, Release Bearing adalah bagian yang menyambungkan antara Pressure Plate Clutch dan Disc Clutch.

BACA JUGA:   Mengetahui Harga Kampas Kopling Mobil Matic Terios

Cara Mengganti Kampas Kopling Mobil Grand Max

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengganti kampas kopling mobil Grand Max:

  1. Pastikan mobil Anda dalam kondisi parkir yang datar dan aman sebelum memulai pekerjaan.
  2. Lepaskan kabel aki agar tangan Anda dan mobil terhindar dari korsleting arus listrik.
  3. Buka kap mesin mobil dan lepaskan seluruh bagian yang menghalangi akses ke sistem kopling.
  4. Lepaskan bagian Disc Clutch dengan menggunakan alat special yang sesuai dengan merek mobil Anda.
  5. Lepaskan bagian Pressure Plate Clutch dan Release Bearing.
  6. Bersihkan sisa-sisa sisa partikel kampas yang sudah aus.
  7. Pasang kampas kopling yang baru pada mobil Anda.
  8. Pasang kembali bagian Pressure Plate Clutch dan Release Bearing dengan hati-hati.
  9. Pasang kembali bagian Disc Clutch dengan menggunakan alat special yang sesuai dengan merek mobil Anda.
  10. Tutup kembali seluruh bagian yang sebelumnya dibuka.
  11. Pasang kembali kabel aki.

Pastikan proses pemasangan kampas kopling tersebut tepat dan teliti. Jika dirasa kesulitan, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti kampas kopling.

Kesimpulan

Kampas kopling adalah bagian yang penting dalam sistem kopling pada mobil. Jika kampas kopling mobil Grand Max Anda sudah aus, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Harga kampas kopling Grand Max bervariasi dan perlu ditanyakan terlebih dahulu sebelum membeli. Proses penggantian kampas kopling bisa dilakukan sendiri, namun jika tidak yakin, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang harga, info, dan cara mengganti kampas kopling mobil Grand Max.

Also Read

Bagikan: