Penyebab Motor Ngempos di Putaran Atas

Bang Montir

Motor ngempos di putaran atas bisa menjadi masalah serius bagi pemilik motor. Hal itu bisa mengganggu performa dan kinerja mesin, serta mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Namun, sebelum kita membahas penyebabnya, kita harus pahami dulu apa itu "ngempos".

Apa itu Ngempos?

Ngempos pada dasarnya adalah kondisi di mana mesin tidak mampu melanjutkan putaran mesin lebih tinggi dari batas tertentu. Hal ini diakibatkan karena adanya kendala dalam proses pembakaran bahan bakar. Kendala tersebut bisa berupa sumber daya bensin atau masalah terkait karburator.

Penyebab Motor Ngempos pada Putaran Atas

  1. Karburator kotor atau rusak

Karburator adalah bagian penting dari mesin motor. Karburator mengambil udara dan mengamal campuran bahan bakar ke dalam mesin. Jika karburator kotor atau rusak, campuran bahan bakar udara tidak akan tercampa karena aliran dicampur tidak akan menjadi sempurna. Ini menyebabkan motor ngempos pada putaran atas.

  1. Platina dalam kondisi buruk

Platina adalah sistem yang mengatur aliran listrik ke mesin motor. Jika platina dalam kondisi buruk, maka akan menyebabkan suara kendaraan yang tidak stabil dan motor ngempos pada putaran atas.

  1. Busi kotor atau rusak

Busi adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengapian. Jika busi kotor atau rusak, proses pembakaran bahan bakar tidak akan optimal. Ini dapat mengakibatkan motor ngempos pada putaran atas.

  1. Sistem pendingin mesin bermasalah

Sistem pendingin mesin adalah sistem yang berfungsi untuk menjaga mesin tetap dingin saat mesin sedang digunakan. Jika ada masalah pada sistem pendingin, suhu mesin akan naik dan memicu motor ngempos pada putaran atas.

BACA JUGA:   Jalur Pengapian Beat Fi: 5 Tips untuk Meningkatkan Performa Motor Anda

Cara Mengatasi Motor Ngempos

  1. Bersihkan karburator

Karburator harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kinerjanya yang optimal dan mencegah masalah motor ngempos pada putaran atas. Membersihkan karburator secara teratur juga membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan memperpanjang usia motor.

  1. Ganti platina yang rusak

Jika platina motor rusak, lakukan penggantian secepat mungkin. Jangan biarkan kendaraan digunakan dalam kondisi platina yang tidak optimal.

  1. Ganti busi yang kotor atau rusak

Pengecekan busi secara teratur dan penggantian ketika diperlukan akan membantu menghindari masalah motor ngempos pada putaran atas.

  1. Periksa sistem pendingin motor secara teratur

Pastikan bahwa sistem pendingin motor berfungsi dengan baik untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Bila perlu, lakukan perawatan dan penggantian komponen yang rusak.

Also Read

Bagikan: