Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Avanza Habis

Bang Montir

Kampas kopling atau clutch merupakan komponen sangat penting dalam mobil. Kampas kopling memiliki fungsi menghubungkan putaran mesin dengan transmisi mobil sehingga mobil dapat bergerak. Hal ini tentu saja membuat kampas kopling menjadi komponen consumable yang harus diganti setelah waktu tertentu. Apabila kampas kopling sudah habis, maka akan timbul beberapa ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan sebagai tanda saat Anda ingin mengganti kampas kopling mobil avanza Anda.

Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Avanza Habis

Berikut adalah beberapa ciri-ciri kampas kopling mobil avanza habis yang dapat Anda perhatikan:

1. Pada Saat Menekan Pedal Kopling, Mesin Masih Tergandeng

Ciri-ciri paling umum dari kampas kopling mobil avanza habis adalah mesin masih tergandeng ketika pedal kopling ditekan. Ketika pedal kopling ditekan, kampas kopling harus melepaskan kopling agar mesin tidak tergandeng dengan transmisi mobil. Namun, jika kampas kopling sudah habis, maka kopling tidak akan terlepas sepenuhnya dan mesin tidak akan mati saat pedal kopling ditekan. Hal ini terjadi karena kampas kopling tidak lagi memiliki gesekan yang cukup untuk memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi mobil.

2. Bunyi Berdecit Ketika Pedal Kopling Ditekan

Ciri-ciri lain dari kampas kopling mobil avanza habis adalah terdengarnya bunyi berdecit ketika pedal kopling ditekan. Bunyi berdecit yang terdengar berasal dari kampas kopling yang sudah aus dan tidak memiliki gesekan yang cukup dengan permukaan cakram kopling. Bunyi tersebut menjadi semakin nyaring ketika mobil dalam posisi diam dan pedal kopling ditekan.

BACA JUGA:   Efek Kopling Terbakar Pada Mobil: Gejala, Penyebab, dan Solusinya

3. Pedal Kopling Terasa Lembut dan Rendah

Ketika kampas kopling sudah habis, maka pedal kopling akan menjadi lebih lembut dan posisinya juga lebih rendah dari biasanya. Hal ini terjadi karena kampas kopling sudah aus dan tidak memiliki gesekan yang memadai dengan permukaan cakram kopling.

4. Akselerasi Mobil Menjadi Kurang Responsif

Jika akselerasi mobil Anda menjadi kurang responsif, kemungkinan besar kampas kopling sudah habis. Hal ini terjadi karena kampas kopling tidak lagi memiliki gesekan yang cukup untuk menghubungkan mesin dengan transmisi mobil. Sehingga, tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak bisa tersalurkan dengan baik ke roda mobil.

5. Bau yang Menyengat dari Area Kaki

Ciri-ciri kampas kopling mobil avanza habis yang terakhir adalah bau yang menyengat dari area kaki. Bau tersebut berasal dari gesekan antara kampas kopling yang aus dengan permukaan cakram kopling. Bau tersebut akan semakin terasa jika kampas kopling sudah terlalu aus dan tidak segera diganti.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri-ciri kampas kopling mobil avanza habis yang perlu Anda perhatikan. Apabila Anda menemukan ciri-ciri tersebut saat mengendarai mobil, segera periksakan ke bengkel untuk mengganti kampas kopling mobil avanza Anda. Mengganti kampas kopling mobil avanza secara rutin akan membuat mobil Anda tetap dalam kondisi prima dan mencegah kerusakan yang lebih besar pada mobil Anda.

Also Read

Bagikan: