Kalau Mobil Ketika Kita Pijak Kopling Bunyi, Apa Penyebabnya?

Bang Montir

Apabila Anda mengendarai mobil dan menemukan bunyi aneh saat menginjak pedal kopling, maka mungkin saja ada masalah dengan sistem kopling mobil Anda. Bunyi-bunyi tersebut tentu dapat mengganggu dan memberikan perasaan tidak nyaman saat berkendara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab bunyi tersebut dan menangani masalahnya segera sehingga mobil Anda tidak mengalami kerusakan yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab bunyi yang dihasilkan saat menginjak pedal kopling mobil:

1. Lemahnya Sistem Pegas pada Kopling

Sistem pegas pada kopling berguna untuk membuka dan menutup disk kopling agar tenaga dari mesin dapat disalurkan ke transmisi. Jika sistem pegas pada kopling mulai lemah atau rusak, maka bisa saja disk kopling tidak tertutup sepenuhnya ketika pedal kopling dilepas dan bisa menimbulkan bunyi-suara saat transmisi penyambung dan mesin berputar.

2. Keringnya Batang-Anting pada Sistem Kopling

Batang-anting berguna untuk menghubungkan pedal kopling dengan plate kopling yang ada di dalam mesin. Jika batang-anting mengalami kekeringan atau masalah lain, maka bisa saja terdengar bunyi-bunyi aneh saat Anda menginjak pedal kopling. Hal ini terjadi karena pada bagian batang-anting terdapat beban yang cukup besar, dan bila tidak cukup dijaga bisa berdampak pada kinerja sistem kopling.

3. Keausan pada Sistem Kopling

Sistem kopling mobil juga rentan terhadap keausan karena adanya gesekan antara disk kopling dengan plate kopling. Ketika bagian-bagian tersebut sudah habis umur, maka akan timbul bunyi-bunyi saat menginjak pedal kopling karena komponen sudah tidak lagi sejalan.

BACA JUGA:   Kampas Kopling Mobil Aus: Mengganti dan Melakukan Perawatan yang Tepat

4. Kendor atau Rusaknya Baut-Baut pada Sistem Kopling

Apabila baut atau mur pada sistem kopling kendor atau rusak, maka bisa saja terdengar bunyi saat menginjak pedal kopling. Hal ini dikarenakan sistem kopling tidak lagi terhubung secara langsung.

5. Minyak Transmisi atau Oli Kopling yang Kurang

Kekurangan oli kopling atau minyak transmisi juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya bunyi saat menginjak pedal kopling. Hal ini terjadi karena kinerja sistem kopling menjadi terganggu dan akhirnya menimbulkan bunyi yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Bunyi-bunyi aneh saat menginjak pedal kopling mobil bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem kopling mobil Anda. Apabila Anda tidak mengetahui penyebab masalah tersebut, sebaiknya segera mencari bantuan dari ahli di bidang otomotif. Jangan biarkan permasalahan tersebut terus berlanjut karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Lakukan perawatan dan perbaikan secara rutin agar mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik dan handal.

Also Read

Bagikan: