Kampas Kopling Mobil Jazz: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Bang Montir

Anda sebagai pemilik Honda Jazz pasti sudah tidak asing dengan istilah kampas kopling. Kampas kopling adalah salah satu komponen penting pada sistem transmisi mobil yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi atau gigi. Kampas kopling yang selalu digunakan secara optimal berpotensi meningkatkan performa mobil Anda, sedangkan kampas kopling yang sudah habis bisa berakibat fatal meski hanya terlihat sepele.

Apa itu Kampas Kopling Mobil Jazz?

Kampas kopling pada Honda Jazz ditempatkan di antara mesin dan transmisi atau gigi. Kampas kopling terdiri dari dua cakram metalik dan dua cakram dari pengisi material gesek. Cakram-cakram metalik ini terhubung ke mesin dengan cara yang tidak bisa diputuskan, sedangkan cakram pengisi gesek-tiap satu diantara keduanya-dapat bergerak maju dan mundur pada poros.

Ketika pedal kopling dilepas, gaya dorong yang dihasilkan oleh cakram yang memutar kemudian didistribusikan ke komponen-komponen transmisi lainnya, sehingga kendaraan dapat bergerak maju atau mundur.

Trik Mengatasi Kampas Kopling Mobil Jazz yang Aus

Tak bisa dipungkiri bahwa kampas kopling yang digunakan pada sebuah kendaraan setidaknya akan mengalami pengikisan yang cukup signifikan selama penggunaan yang intensif. Kampas kopling yang sudah aus akan menyebabkan gejala munculnya getaran dan suara yang cukup mengganggu saat pedal kopling dilepas. Umumnya setelah penggunaan sekitar 60 – 100 ribu km kampas kopling sudah harus diganti. Berikut cara mengatasi kampas kopling honda jazz yang aus

  1. Menurunkan beban pada pedal kopling
  2. Hindari pemakaian gigi yang penuh gesekan
  3. Jangan menahan clutch dalam waktu yang lama
  4. Menghindari akselerasi dan pengereman secra mendadak
  5. Hemat penggunaan pedal kopling saat menyalip kendaraan lain
BACA JUGA:   Tips Belajar Nyetir Mobil Kopling

Tanda-Tanda Kampas Kopling Honda Jazz yang Harus Diganti

Adanya beberapa tanda-tanda awal yang patut dipertimbangkan untuk mengetahui apakah kampas kopling pada Honda Jazz Anda perlu diganti.

  1. Getaran saat mobil dipacu tanpa mengerem
  2. Suara berderit atau berdesing saat tempel kopling dilepas
  3. Hambatan dalam hal pergantian gigi
  4. Mobil sulit melaju saat di tanjakan

Kiat Memilih Kampas Kopling Honda Jazz yang Tepat

Kampas kopling mobil Honda Jazz sebaiknya diganti dengan kampas kopling yang sama dengan spesifikasinya. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih kampas kopling. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Kualitas kampas kopling
  2. Kesesuaian dengan merek dan tipe mobil Anda
  3. Harga kampas kopling

Kampas kopling ternama biasanya dijual dengan harga yang lebih Mahal, tetapi kebanyakan tahan lebih lama dibandingkan dengan kampas kopling yang murah.

Kesimpulan

Jangan anggap sepele masalah kampas kopling pada mobil Honda Jazz Anda. Jangan biarkan kampas kopling yang sudah habis penggantiannya tidak dilakukan dengan cepat dan tepat, karena dapat memberikan pengaruh buruk pada kinerja transmisi zetral Anda, sehingga performa kendaraan jadi terganggu. Jadi, pastikan Anda selalu memeriksa kondisi kampas kopling mobil Honda Jazz Anda secara teratur agar dapat mengetahui kapan saat yang tepat untuk menggantinya.

Also Read

Bagikan: