Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Mau Habis

Bang Montir

Sebagai seorang pengemudi mobil, pastinya Anda sudah cukup familiar dengan istilah kampas kopling. Kampas kopling sendiri merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam pengoperasian mobil, terutama pada saat melakukan pergantian gigi. Seiring dengan pemakaian, kampas kopling mobil tentu akan mengalami penurunan kualitas dan akhirnya beresiko untuk mengalami kerusakan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui beberapa ciri-ciri kampas kopling mobil yang telah mulai habis. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menjadi acuan untuk mengetahui apakah kampas kopling mobil Anda sudah harus diganti atau belum.

Keras dan Berisik

Salah satu ciri-ciri kampas kopling mobil yang sudah mulai habis adalah terdengar suara keras dan berisik saat hendak melakukan pergantian gigi. Bunyi yang dihasilkan terdengar seperti suara bergesekan logam yang tidak normal. Meskipun bunyi yang terdengar tidak selalu menbulatkan kampas kopling yang dalam keadaan rusak, namun hal ini patut diwaspadai dan sebaiknya segera melakukan pengecekan.

Gigi Susah Masuk

Kampas kopling mobil yang sudah mulai habis biasanya akan membuat gigi sulit masuk atau tidak masuk sama sekali saat hendak melakukan pergantian gigi. Pada saat terjadinya hal seperti ini, biasanya kekuatan yang dibuat cukup besar dan membutuhkan upaya yang lebih dari biasanya hanya untuk bisa mengganti gigi.

Pergantian Gigi Sering Tersangkut

Kendaraan yang memiliki kampas kopling mobil yang mulai habis juga cenderung mengalami masalah dalam pergantian gigi. Saat hendak mengganti gigi, terkadang persneling dua gigi sekaligus keluar atau terkadang tidak bisa keluar dari persneling. Hal ini biasanya terjadi karena kampas kopling yang tidak membantu proses pergantian gigi dengan semestinya.

BACA JUGA:   Teknologi Kopling Kabel pada Mobil: Kelebihan dan Kekurangan

Kendaraan Sulit Bergerak dari Posisi Netral

Ciri-ciri kampas kopling mobil yang rusak selanjutnya adalah kendaraan sulit bergerak dari posisi netral, terutama saat hendak memulai perjalanan. Keberadaan komponen yang sudah tidak lagi maksimal akan membuat gigi trasmisi sulit untuk masuk dan mengakibatkan kendaraan menjadi terkunci dan sulit dipindahkan dari tempat parkir.

Kendaraan Oleng dari Arah yang Diharapkan

Apabila Anda merasa kendaraan selalu melenceng dari arah yang diharapkan saat berjalan, maka ada kemungkinan bahwa kampas kopling mobil dalam kondisi yang sudah harus diganti. Hal ini umumnya terjadi karena gesekan antara plat tekan dan plat gesek yang tidak lagi maksimal akibat kampas kopling yang telah aus.

Kesulitan Menjaga RPM

Jikalau mesin Anda mengalami kejadian dimana suara mesin tidak lagi konstan dan sering naik turun saat sedang berkendara, maka bisa jadi hal ini terkait dengan kondisi kampas kopling mobil yang sudah habis. Ini terjadi karena kampas kopling tidak lagi membantu mesin dalam menjaga RPM yang diinginkan saat pengoperasian kendaraan.

Demikian beberapa ciri-ciri kampas kopling mobil yang sudah mulai habis. Jadi, jangan menganggap sepele kondisi kampas kopling mobil yang mengalami penurunan kualitas. Jika sudah teridentifikasi dari sejumlah ciri-ciri tersebut, maka segeralah untuk melakukan pergantian dengan yang baru. Karena dengan mengganti kampas kopling, Anda akan merasa lebih aman saat berkendara dan juga memperpanjang usia mobil, yang pada akhirnya dapat menghemat biaya perbaikan lebih lanjut.

Also Read

Bagikan: