Cara Memasang Kampas Kopling Mobil yang Sudah Diturunkan dengan Mudah

Bang Montir

Kampas kopling adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi mobil. Fungsinya adalah untuk mentransmisikan tenaga pada roda melalui transmisi manual. Namun, kampas kopling dapat mengalami aus atau rusak dan perlu diganti secara berkala. Proses penggantian kampas kopling memerlukan alat-alat tertentu dan beberapa keterampilan mekanik. Di artikel ini, kami akan membahas cara memasang kampas kopling mobil yang sudah diturunkan dengan mudah.

Persiapan

Sebelum memasang kampas kopling baru, pastikan mobil dalam kondisi yang baik dan aman. Pastikan juga Anda memiliki alat-alat yang diperlukan seperti:

  • Kunci pas dan kunci sok
  • Kunci L
  • Palu bola dan palu biasa
  • Pengungkit

Langkah-langkah

  1. Persiapan mobil
    Pastikan mobil dalam kondisi yang baik dan aman. Pastikan mobil dalam posisi parkir dan kunci kontak dalam posisi off. Kuncilah roda belakang mobil untuk mencegah mobil bergerak selama proses perbaikan.

  2. Turunkan transmisi
    Pertama, Anda perlu melepaskan transmisi dari mesin mobil. Caranya adalah dengan menggunakan kunci pas ataupun kunci sok untuk melepaskan baut dan mur. Kemudian, gunakan pengungkit untuk memisahkan mesin dan transmisi.

  3. Membuka sasis kopling
    Setelah transmisi dilepaskan dari mesin, langkah selanjutnya adalah membuka sasis kopling. Cari dan lepas baut dengan menggunakan kunci L dan palu bola ataupun palu biasa.

  4. Ganti kampas kopling
    Setelah sasis kopling terbuka, ganti kampas kopling yang rusak dengan yang baru. Letakkan kampas kopling baru di atas lempeng kemudian pasang kembali sasis kopling ke body mobil. Pastikan kampas kopling pas dengan baik di tempatnya.

  5. Pasang kembali transmisi
    Setelah mengganti kampas kopling, pasang kembali transmisi ke mesin dengan memperhatikan posisi dan kabel-kabel yang ada. Pasang kembali baut dan murnya dengan rapat dan berhati-hati.

  6. Pastikan semua terpasang dengan baik
    Setelah semua terpasang dengan baik dan aman, cek kembali kondisi mobil dengan menjalankan mobil secara perlahan. Pastikan mobil dapat dioperasikan dengan normal.

BACA JUGA:   Ganti Gas dan Kopling Model Baru Mobil

Kesimpulan

Memasang kampas kopling mobil yang sudah diturunkan memang memerlukan beberapa keterampilan dan peralatan tertentu. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melakukan perbaikan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat melakukan perbaikan pada mobil. Semoga bermanfaat!

Also Read

Bagikan: