7 Alasan Mengapa Mobil Mogok Bensin Tidak Naik dan Cara Mengatasinya

Bang Montir

Mobil mogok bensin tidak naik adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pengemudi di seluruh dunia. Namun, alih-alih panik dan tidak tahu harus berbuat apa, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Apa yang menyebabkan mobil mogok bensin tidak naik?

Sebelum membahas tentang cara mengatasinya, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang menyebabkan mobil mogok bensin tidak naik. Beberapa penyebab umum termasuk:

  1. Fuel pump yang rusak atau bermasalah.
  2. Fuel filter yang kotor atau tersumbat.
  3. Kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar.
  4. Tersumbatnya jalur bahan bakar oleh kotoran atau karat.
  5. Kerusakan pada sensor suhu udara atau tekanan udara.
  6. Fuel injectors yang bermasalah.
  7. Kerusakan pada sistem pengapian mobil.

Cara mengatasinya

Sekarang, setelah mengetahui beberapa penyebab umum mobil mogok bensin tidak naik, mari kita bahas cara mengatasinya:

1. Pastikan ada cukup bahan bakar di tangki

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan ada cukup bahan bakar di tangki mobil Anda. Jangan mengabaikan level bahan bakar yang rendah karena dapat menyebabkan mobil Anda mogok bensin tidak naik.

2. Periksa fuel filter

Fuel filter yang kotor atau tersumbat bisa menyebabkan mobil mogok bensin tidak naik. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk diperiksa atau melakukannya sendiri jika sudah memiliki pengalaman.

BACA JUGA:   Jenis Velg Motor yang Dapat Meningkatkan Performa Kendaraan Anda

3. Cek fuel pump

Fuel pump juga merupakan penyebab umum mobil mogok bensin tidak naik. Tanda-tanda fuel pump rusak atau bermasalah adalah suara mesin yang tidak stabil atau mesin sulit dihidupkan. Untuk memperbaikinya, Anda harus membawanya ke bengkel yang kompeten.

4. Periksa sistem injeksi bahan bakar

Sistem injeksi bahan bakar yang bermasalah juga bisa menyebabkan mobil mogok bensin tidak naik. Pastikan untuk mengunjungi bengkel yang dipercaya untuk memperbaiki masalah ini.

5. Bersihkan jalur bahan bakar

Tersumbatnya jalur bahan bakar oleh kotoran atau karat juga bisa menjadi penyebab mobil mogok bensin tidak naik. Untuk mengatasinya, bersihkan jalur bahan bakar menggunakan cairan pembersih khusus.

6. Periksa sensor suhu udara atau tekanan udara

Kerusakan pada sensor suhu udara atau tekanan udara juga bisa menyebabkan mobil mogok bensin tidak naik. Pastikan untuk memeriksa kedua sensor ini secara berkala dan menggantinya jika diperlukan.

7. Cek fuel injectors

Fuel injectors bermasalah juga bisa menyebabkan masalah ini. Pastikan untuk memeriksanya secara berkala dan membersihkannya jika diperlukan.

Kesimpulan

Mobil mogok bensin tidak naik adalah masalah yang dapat diatasi dengan cara sederhana. Pastikan untuk memeriksa beberapa penyebab umumnya dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya. Dengan melakukan hal ini, masalah mobil mogok bensin tidak naik bisa diatasi dengan cepat dan mudah.

Also Read

Bagikan: