5 Penyebab Umum Kenapa Kopling Mobil Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Bang Montir

5 Penyebab Umum Kenapa Kopling Mobil Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

1. Konsol Kopling Hilang Fungsi

Jika kamu menekan pedal kopling dan tidak terjadi apa-apa, konsol kopling pada mobil kamu bisa jadi sedang tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi karena konsol kopling yang aus, atau kabel yang mengalami kerusakan atau melar. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu membawa mobil kamu ke bengkel terdekat dan memeriksakan konsol kopling tersebut. Jika terjadi kerusakan, maka konsol kopling harus diganti agar kembali berfungsi dengan baik.

2. Cairan Hidrolik Kopling Tidak Cukup

Cairan hidrolik pada kopling sangatlah penting. Cairan ini melewati sistem hidrolik pada kopling mobil, sehingga putaran mesin mobil dapat disalurkan ke roda mobil. Jika cairan hidrolik tidak cukup, maka proses ini tidak akan terjadi dengan baik dan menyebabkan kopling tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat memeriksakan kadar cairan pada kopling. Jika cairan rendah, tambahkan cairan hidrolik pada kopling secara bertahap hingga mencapai kadar yang sesuai.

3. Kerusakan Pada Flywheel

Flywheel berfungsi mempertahankan putaran mesin agar tidak mati mendadak saat melakukan perpindahan gigi. Jika flywheel mengalami kerusakan, maka seringkali mobil merasa tidak bergerak dengan baik terutama jika sudah mencapai kecepatan tertentu. Jika kamu mengalami masalah ini, maka kamu harus membawa mobil kamu ke bengkel kepercayaanmu dan melakukan perbaikan pada flywheel tersebut.

4. Piringan Kopling Kendor

Piringan kopling berfungsi untuk menghubungkan antara mesin dengan gigi kopling pada mobil. Jika kamu menemukan kendala kopling tidak berfungsi, maka kemungkinan besar piringan kopling telah kendor atau aus. Kondisi ini harus segera diperiksakan pada bengkel terdekat. Karena jika terus dibiarkan maka bisa merusak bagian lain pada mobil kamu.

BACA JUGA:   Membeli Mobil Baru dengan Cerdas: Pilihan Terbaik untuk Pecinta Otomotif

5. Kopling Gigi Rusak

Kopling mobil juga terdiri dari roda gigi pada kendaraan kamu. Sewaktu-waktu, ada kemungkinan bahwa salah satu gigi tersebut rusak atau mengalami penyusutan. Jadi tidak jarang mobil mengalami kendala ketika menarik awal atau menaikan laju. Untuk memperbaiki masalah ini, kamu harus membawa mobil ke bengkel untuk memeriksa roda gigi tersebut.

Itulah 5 Penyebab umum kenapa kopling mobil tidak berfungsi dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan mobil kamu agar selalu dalam kondisi prima. Usahakan untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada kopling mobil kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan keluarga kamu.

Also Read

Bagikan:

Tags